Kepala si kecil Berkerak..? Lakukan 2 langkah mudah di bawah ini!

No Comments

Umumnya dijumpai  pada bayi usia 3 minggu sampai 3 bulan atau lebih. Setelah bayi berumur 6-7 bulan, biasanya kerak kepala benar-benar lenyap. Kerak kepala pada bayi menyerupai kotoran yang menempel pada kulit kepala (diubun-ubun), tampak berminyak dan berwarna kekuningan. Jika kerak tersebut lepas, kelihatan rontok seperti ketombe. Kerak kepala timbul karena kelenjar minyak kulit bayi terlalu aktif. Hal ini akibat masih tingginya kadar hormon ibu yang mengalir di tubuh si kecil. Pengaruh hormon ibu biasanya hanya berlangsung di bulan-bulan pertama kehidupannya. Kerak kepala umumnya muncul pada bayi berambut tipis, karena seluruh minyak yang dihasilkan kulit kepalanya tidak bisa diserap. Jika kepala bayi tidak rajin dibersihkan, debu dan serat-serat halus akan menempel pada kulit kepala yang berminyak. Lama-kelamaan , terbentuklah kerak.
Mencuci rambut bayi
Kadang orang tua baru ragu untuk mencuci rambut bayinya karena sejumlah mitos bahwa mencuci rambut bayi membuatnya masuk angin. Hal ini tentu saja tidak benar. Anda dapat menggunakan air hangat dan melakukannya dalam ruangan yang hangat.
Cuci rambut setiap hari malah disarankan untuk bayi yang sering berkeringat.jangan lupa gunakan sampo bayi yang tidak pedih di mata. Atau boleh juga menggunakan sabun mandi bayi sebagai sampo.
Sampo bayi pada dasarnya hanya membersihkan bagian luar kulit kepala.saat mencuci rambut , sampo hanya akan membersihkan sel kulit mati (lapisan luar yang terklupas). Sel kulit mati ini nanti digantikan sel kulit dalam yang menghilangkan kerak kulit kepala yang mungkin saja masih tersisa.Saat memandikan bayi cobalah ajak bayi berkomunikasi baik secara verbal maupun non verbal. Non verbal misalnya dengan menatapya. Cara berkomunikasi seperti ini dapat membuat bayi anda tenang saat dimandikan, selain itu mampu mencegah bayi anda dari trauma saat dimandikan.
loading...

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.