WASPADA !!! TANDA-TANDA BALITA YANG TERKENA VAKSIN PALSU

No Comments

Penggrebekan praktik bisnis vaksin palsu yang dilakukan Polda Metro Jaya dan disejumlah kota besar mendapat perhatian dari vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe, M.Sc-VPCD menurutnya dampak dari pemberian vaksin palsu pada bayi ini memiliki dua dampak negatif.
Dua dampak negatif itu adalah yang pertama keamanan vaksin tersebut ketika di berikan pada bayi, dampak yang kedua ialah dampak proteksi atau kekebalan, dimana bayi yang diberi vaksin palsu sama sekali tidak memiliki proteksi atau kekebalan.
dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc-VPCD menambahkan, terkait masalah keamanan pada vaksin menurut dia tergantung dari bahan yang dicampurkan oleh pelaku kedalam vaksin palsu. Karena saat ini kandungan yang ada dalam vaksin palsu itu masih diteliti oleh Pusat Laboratorium Forensik Polri dan Badan POM.
Kepada media Antara, dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc-VPCD mengungkapkan bahwa proses pembuatan vaksin palsu tersebut sama sekali tidak steril dan bisa terkena virus, bakteri dan yang lainnya, tentu hal ini tidak baik bagi kesehatan tubuh bayi. Ketika vaksin palsu diberikan pada bayi kemungkinan dalam jangka pendek akan timbul infeksi.
Infeksi ini bisa saja hanya bersifat ringan tetapi bisa juga bersifat sistematik. Efek dari infeksi berat bisa berupa demam tinggi, denyut nadi meningkat, laju pernapasan meningkat, leukosit meningkat dan anak akan sulit makan minum hingga bisa terjadi penurunan kesadaran,” Katanya.
Dampak jangka pendek tersebut bisa terjadi dalam dua minggu pertama setelah pemberian vaksin palsu dan orang tua bisa langsung memeriksakan anaknya kedokter jika terjadi gejala tersebut. dan dampak jangka panjang hingga saat ini belum bisa dipastikan, karena masih menunggu hasil pemeriksaan yang terdapat dalam vaksin palsu tersebut.
Dampak kedua dari vaksin palsu tersebut adalah dampak keamanan atau proteksi, karena Vaksinasi tujuan sebenarnya adalah kekebalan seseorang sebelum dia sakit, nah jika seorang anak malah diberikan vaksinasi palsu tentu tujuan vaksinasinya malah tidak terjadi dan kekebalan tadi tidak pernah ada.
loading...

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.