WAJIB SAHRE !!! PERTOLONGAN PERTAMA JIKA ANAK TERSERANG DIARE !!!

No Comments

Pertolongan pertama terhadap diare pada anak adalah dengan tetap memberikan cairan sebanyak mungkin untuk menghindari dehidrasi.
Tetapla berikan ASI pada si kecil
Apabila si kecil masih dapat mengkonsumsi ASI, maka berikan lah ASI seperti biasa hal ini bertujuan agar si kecil tidak mengalami dehidrasi. ASI yang di minum dapat menggantikan cairanyang keluar sekaligus mengganti beberapa mineral yang hilang saat diare.
Hindarkan  buah dan sayuran
Ketika Anda memberikan makan kepada si kecil, harap untuk hindarkan pemberian sayur atau buah untuk sementara waktu. Makanan yang cocok untuk anak yang mengalami diare adalah roti bakar kering tanpa selai, bubur ayam atau semur daging.
Ganti cairan tubuh
Berikan ORS (cairan rehidrasi oral) untuk mengganti cairan tubuh yang hilang pada anak. 
Sangat disarankan bagi Anda untuk segera membawa anak yang terkena diare ke dokter, terutama jika anak mengalami diare lebih dari tiga hari, berusia kurang dari enam bulan, disertai demam tinggi, mata tampak cekung, disertai dengan muntah dan buang air kecil lebih sedikit dari biasanya untuk mendapatkan pertolongan yang tepat.

Pertolongan pertama diare saat berlibur
Lingkungan yang kurang bersih, daya tahan tubuh yang tidak baik, dan riwayat gangguan saluran pencernaan bisa mengakibatkan diare, bahkan saat Anda berlibur sekalipun. Anda bisa memberikan pertolongan pertama dengan:
  • Memberikan atau konsumsi air putih cukup

Air putih adalah cara pencegahan paling sederhana untuk mengatasi gejala diare termasuk bagi bagi Anda yang sedang berlibur. Usahakan Anda bisa mendapatkan cairan yang berisi elektrolit di apotek terdekat.
  • Hindari penggunaan antibiotik

CDC (The Centers for Disease Control and Prevention) tidak merekomendasikan penggunaan antibiotik untuk mencegah diare, sebab sebagian obat diare yang mengandung antibiotik justru bisa menyebabkan infeksi. 
  • Segera ke dokter

Jika diare diikuti dengan demam masih berlangsung setelah liburan usai, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat.
loading...

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.