Tujuh Cara Menjaga Kehamilan Usia Muda !!!

No Comments
Tips dan trik cara menjaga kehamilan usia muda.
Saat anda mengetahui bahwa anda positif hamil, maka hal tersebut juga akan menjadi kabar gembira bagi keluarga. Mengingat di perut anda sedang “bersarang” generasi keluarga yang sangat dinanti-nanti kehadirannya. Mengetahui perkembangan janin merupakan hal yang sangat menarik tentunya. Anda pasti tiak bisa sabar menantikan kehadiran sang buah hati lahir dengan selamat dan sempurna ke dunia. Nah bagi anda para calon ibu yang sedang berbahagia, berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai cara menjaga kehamilan di usia muda yang kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.


7 Cara Menjaga Kehamilan Usia Muda :

  • Hindari aktifitas yang terlalu berat

Cara pertama menjaga kehamilan usia muda yaitu pada awal-awal kehamilan, ibu yang sedang hamil akan lebih mudah merasakan lelah bahkan akan lemas dan pigsan karena tekanan darah mereka menjadi rendah. Oleh karena itu, usahakan bagi para calon ibu yang sedang hamil muda untuk menghentikan segala aktifitas berat yang mungkin biasa anda lakukan. Selain itu hindari aktifitas berdiri dan juga duduk terlalu lama. Jangan salah, karena dengan berdiam diri terlalu alma dapat emmbuat anda merasa tidak nyaman dan mudah lelah. Namun pastikan bahwa anda beristirahat dalam waktu yang cukup.
Bahkan bila anda termasuk salah seorang yang ceroboh dan pelupa, anda bisa membuat jadwal kegiatan sehari-hari anda sehingga anda bisa mengontrol setiap kegiatan yang anda lakukan. Bagi anda yang menjadi wanita karir menjaga kehamilan di usia muda sangatlah penting, maka usahakan untuk memperhatikan dan menjaga kehamilan anda pada usia kandungan di trimester pertama. Karena pada tahap tersebut tubuh anda masih membutuhkan penyesuaian baik fisik, psikologis serta hormon yang ada dalam tubuh. Selalu hindari stress agar hormon tidak memicu terjadinya kontraksi pada rahim yang berakibat fatal yakni meningkatkan resiko terjadinya keguguran.
  • Mengendalikan Emosi

Cara kedua menjaga kehamilan usia muda yaitu pintar dalam mengendalikan emosi. Saat sedang hamil, mungkin akan banyak wanita yang merasa mendapat ujian hingga terbawa emosi. Hal ini wajar saja dialami oleh para ibu hamil karena hormon dalam tubuh sedang dalam keadaan yang tidak stabil. Namun jika dibiarkan terlalu sering dan tidak bisa mengontrol emosi maka hal tersebut dapat mengakibatkan stress yang akhirnya mempengaruhi kondisi kesehatan janin. Oleh karena itu, demi sang calon buah hati  usahakan untuk mengelola emosi dan mengalihkannya pada sesuatu hal yang lebih bermanfaat. Anda bisa lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dengan cara melakukan ibadah-ibadah keagamaan, bermeditasi, ataupun berbagi keluh kesah dengan sang suami tercinta. Lakukan hal yang sekiranya dapat memberikan energi positif bagi anda sehingga emosi dapat terkontrol dengan baik.
  • Menjaga nutrisi

Tips cara menjaga kehamilan muda berikutnya adalah dengan menjaga asupan nutrisi. Pada saat usia kehamilan yang tergolong masih muda, ibu akan merasa mual dan tidak berselera makan. Meskipun hal tersebut menjadi hal yang wajar, namun usahakan untuk tetap mengingat kondisi janin yang ada dalam perut anda. Janin membutuhkan asupa nutrisi untuk tumbuh kembangnya sehingga jika anda tidak mampu mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh sang jabang bayi, maka resiko keguguran akan jauh lebih besar.
  • Menghindari kebiasaan buruk

Ada beberapa hal buruk yang wajib anda hindari atau hilangkan saat anda sedang mengandung atau saat dimana anda harus sabar menjaga kehamilan usia muda anda. Hal tersebut diantaranya merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, minuman yang mengandung kafein, mengkonsumsi obat-obatan yang akan membahayakan kehamilan anda karena dapat menghambat tumbuh kembang si jabang bayi. Bahkan dalam sebuah penelitian juga disebutkan bahwa ibu hamil yang perokok memiliki resiko lebih tinggi untuk melahirkan bayi yang tidak sempurna, itulah mengapa pentingnya menjaga kehamilan usia muda.
  • Konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan ataupun bidan

Berkonsultasi pada dokter ataupun bidan mengenai kondisi kehamilan merupakan salah satu cara menjaga kehamilan di usia muda atau hal yang penting terutama di usia kehamilan anda yang masih muda. Usahakan untuk mengkonsultasikan setiap keluhan yang anda rasakan selama kehamilan anda, misalnya saat anda merasa pusing, mual-mual hingga mau muntah. Selain itu sebutkan juga keluhan-keluhan berbahaya seperti keputihan, muntah hebat ataupun pendarahan pada vagina karena dengan demikian dokter bisa memeriksa secara lebih detail tantang kondisi kesehatan anda dan juga janin. Bawalah buku anda yang biasanya berwarna pink agar dokter bisa mencatat setiap perkembangan kehamilan anda.
  • Peran suami dan keluarga

Untuk menghindari resiko terjadinya stress berlebihan pada masa-masa kehamilan anda, sudah sepantasnya seorang suami dan juga keluarga memberikan perhatian dan support bagi istri. Membangun hubungan baik antar keluarga dan juga sering bercengkrama antara suami istri menjadi hal yang sangat bagus terlebih jika ada masalah yang sedang menimpa. Bagi sang suami harus senantiasa menemani sang istri dan memberikan dukungan besar menguatkan mental sang istri untuk selalu menjaga kesehatannya dan juga janin dalam kandungannya.
  • Menghindari makanan dan minuman tertentu

Pada dasarnya ada beberapa jenis makanan dan minuman yang lebih baik dihindari oleh ibu yang sedang hamil. Misalnya telur atau daging yang di masak namun kurang matang, karena hal ini dapat menyebabkan diare berkepanjangan bagi sang ibu. Selain itu ibu hamil sebaiknya juga menghindari minuman-minuman berkafein dan juga minuman beralkohol, itulah sebab menjaga kehamilan di usia muda sangatlah penting.
Demikian ulasan mengenai cara menjaga kehamilan usia muda yang dapat anda aplikasikan dengan mudah demi sang calon buah hati tercinta. Kehamilan merupakan karunia Tuhan yang Agung sehingga wajib bagi kita untuk senantiasa menjaganya sebagai wujud rasa syukur atas karunia luar biasa yang sudah diberikan Tuhan untuk kita. Semoga bermanfaat dan selamat atas kehadiran sang buah hati di tengah-tengah keluarga bahagia anda
loading...

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.