GEMPUR SEMUA PENYAKIT INI DENGAN RUMPUT ALANG ALANG

No Comments


Alang alang merupakan tanaman rumput yang sering tumbuh sebagai pengganggu bagi petani tetapi walaupun sebagai pengganggu tanaman ini mempunyai khasiat yang luar biasa bagi kesehatan yang sering kita dengar alang alan sering digunakan sebagai obat sariawan tapi bukan itu aja alang alang digunakan sebagai obat.sudah banyak orangtua kita dulu menggunakan tanaman ini sebagai obat alami.


Alang alang mengandung imperanene, zat tersebut mampu menghambat sel pembeku darah, sehingga tanaman ini  mampu mencegah penyakit jantung. Tanaman alang-alang juga mengandung unsur kimia alami seperti asam sitrat, asam malic, glukosa, arundoin, fernerol, simiarenol, saponin, alkali, polifenol, esin dan juga silindrin. Kandungan tersebut terdapat pada bagian akar, batang dan juga bunga. Maka jangan heran jika alang-alang seringkali digunakan sebagai pengobatan tradisional. Namun tak hanya itu saja manfaat akar alang-alaang yang bisa kita petik manfaatnya....

Khasiat akar alang-alang untuk kesehatan tubuh

Meredakan panas dalam

Seperti yang Anda ketahui, akar alang-alang sering kali digunakan sebagai bahan utama untuk pembuatan obat untuk meredakan panas dalam. Selain  membeli obat dengan ekstrak alang-alang, Anda pun juga dapat membuatnya sendiri di rumah, caranya yaitu siapkan akar alang-alang secukupnya kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu, keringkan di bawah sinar matahari ataupun dengan menggunakan oven. Jika sudah mengering Anda bisa menghaluskannya hingga menjadi bubuk. Seduh bubuk alang-alang tersebut dengan menambahkan madu ataupun gula sebagai perasa.

Mengobati mimisan

Pada umumnya, salah satu cara mengobati mimisan adalah dengan menggunakan daun sirih. Akan tetapi, Anda juga bisa memanfaatkan akar alang-alang sebagai obat herbal untuk mengobati mimisan. Caranya, siapkan akar alang-alang yang masih segar kemudian bersihkan. Tumbuk akar alang-alang tersebut lalu peras untuk mendapatkan sarinya. Minum ramuan tersebut hingga teratur.

Mengobati kencing darah

Manfaat akar alang-alang selanjutnya adalah untuk mengobati kencing darah. Kencing darah adalah salah satu gangguan kesehatan  yang sangat menyiksa. Cara membuat ramuan untuk mengobati kencing darah adalah, ambil bebebrapa gram akar alang-alang, cuci bersih lalu potong kecil-kecil.  Setelah itu rebus akar tersebut dengan menggunakan 2 gelas air. Setelah mendidih, saring  untuk memisahkan air rebusan dan ampas. Minum air rebusan tersebut 2 kali dalam sehari.

Obat keputihan

Keputihan merupakan masalah wanita yang paling umum. Namun Anda jangan khawatir, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan jenis tanaman obat yang satu ini. Caranya pun hampir sama dengan lainnya, akan tetapi untuk mengobatai keputihan, Anda harus menambahkan bahan alami lainnya seperti daun pepaya dan pulasari. Rebus semuanya menjadi satu hingga mendidih. Kemudian saring dan minum 2 kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur.



Mengobati penyakit ginjal

Berikutnya adalah dapat digunakan untuk mengatasi ginjal. Seperti yang kita ketahui, jika tidak segera diatasi penyakit ginjal dapat menyebabkan masalah serius serta dapat menyebabkan komplikasi lainnya. untuk mengatasi penyakit ini, caranya mudah yaitu siapkan akar alang-alang yang masih segar kemudian cuci hingga bersih dan rebus ke dalam 3 gelas air. Biarkan sampai mendidih hingga air rebusan tersisa 1 gelas. Minumlah air rebusan tersebut secara teratur.

Melancarkan buang air kecil

Manfaat akar alang-alang berikutnya adalah dapat melancarkan buang air kecil. Meskipun terlihat sepele, akan tetapi susah buang air kecil juga dapat menyebabkan rasa sakit pada daerah kemaluan. Jika tidak segera diatasi tentu saja ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. selain menggunakan obat pemberian dokter, Anda juga dapat mencoba melakukan pengobatan tradisional, yaitu dengan menggunakan akar alang-alang caranya seduh akar alang-alang dengan gula batu, dinginkan lalu minum secara teratur.

Mengobati asma

Akar alang-alang juga merupakan salah satu obat asma tradisonal paling ampuh yang dapat Anda gunakan. Caranya pun sangat mudah, rebus 100 gram akar alang-alang, 50 gram kencur, 50 gram sirih dan seduh dengan menggunakan 200 ml air. rebus hingga tinggal setengah, saring lalu minum.

Mengatasi hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah penyakit pada peredaran darah yang sering dialami setiap orang. Penyebab utama dari hipertensi ini adalah karena adanya endapan lemak dan kolesterol yang menghambat aliran darah. Bagi Anda yang menderita penyakit ini jangan khawatir, konsumsilah sari alang-alang secara teratur. Zat baik yang ada di dalamnya sangat ampuh untuk mengatasi penyakit tekanan darah tinggi.

Manfaat Bunga Alang-alang

Selain akarnya, bunga alang-alang juga sangat ampuh untuk mengatasi penyakit. Bunga alang-alang dapat meredakan gejala mimisan dan bantuk berdarah akibat menderita penyakit paru-paru. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan organ tubuh yang satu ini, cobalah menggunakan bunga alang-alang sebagai obat tradisional penyakit paru-paru. Caranya pun sangat mudah, yaitu:

Ambil beberapa bilir bunga lengkap dengan tangkainya, lalu haluskan bilir bunga dan tangkai alang-alang. Setelah halus, masukkan hasil gilingan tersebut ke dalam hidung untuk menyumbat mimisan. Untuk pengobatan dari dalam Anda bisa meminum rebusan akar alang-alang dan bunga alang-alang.

Banyak bukan khasiat yang terkandung dalam tanaman ini,walaupun tanaman ini sebagai gulma tapi begitu besar khasiat yang terkandung didalamnya yang bisa dimanfaatkan buat kesehatan.semoga bermanfaat sebagai referensi obat alami selain obat kimia...
loading...

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.