Lebih tahu Plus Minus Sterilisasi

No Comments


Banyaknya alat kontrasepsi yang ada dengan keunggulan dan kelemahannya masing-masing menjadi sebuah hal penting bagi semua pasangan yang merencanakan untuk menggunakannya. Fenomena sterilisasi saat ini sedang banyak terjadi di sekitar lingkungan kita. Banyak orang yang telah membuat keputusan besar dalam hidup mereka dengan melakukan sterilisasi. Namun, di balik itu semua ada plus minus sterilisasi.

Manusia dilahirkan dengan memiliki naluri untuk menyayangi orang lain. Rasa sayang ini ada kepada orang tua, saudara dan juga lawan jenis yang pada kemudian hari berubah menjadi pasangan hidup. Rasa inilah yang kemudian membuat orang membentuk sebuah institusi rumah tangga dan juga memampukan wanita untuk dapat mengalami kehamilan, melahirkan dan juga membesarkan anaknya. Semuanya dibutuhkan rasa sayang ini.

Namun saat ini, banyak orang yang menghilangkan kemampuan untuk dapat memiliki keturunan dengan berbagai sebab. Memilih alat kontrasepsi yang tepat dirasakan sudah tidak sesuai lagi. Membuat vasektomi dan juga tubektomi menjadi pilihan kontrasepsi selanjutnya. Vasektomi dilakukan kepada kaum pria dengan cara memotong atau mengikat saluran sperma dengan buah zakar. Hal ini dapat menyebabkan ketika seorang pria mengalami orgasme, yang ia keluarkan hanyalah berupa cairan mani saja tanpa mengandung sperma.

Sedangkan yang dilakukan kaum wanita adalah tubektomi. Sama halnya dengan vasektomi, tubektomi juga memotong atau mengikat saluran tubavalopi. Sehingga ketika sel telur dikeluarkan tidak dapat bergerak ke dalam rahim. Hal ini pun tidak memungkinkan untuk terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma.

Kedua cara ini bersifat permanen. Itulah yang kemudian menimbulkan adanya plus minus sterilisasi. Ada pendapat yang mendasarkan pada agama untuk melarang kedua hal ini. Karena memang memiliki sifat menyebabkan kemandulan sehingga memusnahkan kemampuan manusia untuk menghasilkan keturunan baru.

Di sisi lain sterilisasi ini dijadikan jalan keluar bagi siapa saja yang sudah tidak berkeinginan untuk mendapatkan anak lagi. Entah karena faktor ekonomi ataupun faktor yang lain. Banyak yang beranggapan bahwa dengan melakukan vasektomi ataupun tubektomi, ini adalah jalan KB yang paling aman dan terjamin. Peluang untuk terjadinya kehamilan sangatlah sedikit bahkan dapat dikatakan tidak ada.

Itulah plus minus sterilisasi. Pertimbangkan kembali bila Anda memutuskan untuk memilih sterilisasi. Konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penjelasan lengkap dan akurat. Bila sterilisasi sudah menjadi pilihan, siapkan mental karena sering terjadi penyesalan yang terjadi setelah proses sterilisasi. Apapun pilihan Anda, selalu komunikasikan dengan pasangan.

loading...

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.